Kelola Uang Bulanan

Kelola Uang Jajan 03 Shopping List Finansialku - Kelola Uang Bulanan

Sekarang saatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola pengeluaran. Ada dua jenis pengeluaran, yaitu Pengeluaran Bulanan dan Pengeluaran Tahunan. Kami menyarankan Anda menggunakan Penghasilan Bulanan untuk Pengeluaran Bulanan. Sedangkan Penghasilan Tahunan untuk Pengeluaran Tahunan. Metode ini, meskipun tidak mutlak, lebih praktis bagi banyak orang. Anda memiliki kendali atas uang yang digunakan.

Anda tentu sudah tahu betapa pentingnya memiliki Anggaran Bulanan. Anggaran ini biasanya dibagi menjadi empat kategori besar, yaitu: Tabungan atau Investasi Bulanan, Cicilan Utang, Pengeluaran Rutin, dan Pengeluaran Gaya Hidup.

Nah, lalu bagaimana seharusnya Anda mengelola Uang Bulanan? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyederhanakan pengelolaan Uang Bulanan ini. Diantaranya adalah:

Sistem Akun terpisah

Pastikan Anda memisahkan akun tanda terima gaji dengan akun holding untuk tabungan atau investasi. Anda bahkan dapat membuat akun belanja terpisah.

Uang mengalir seperti air. Jika tidak segera dipisahkan, Anda akan bingung tentang uang mana yang akan digunakan bulan ini dengan uang mana yang akan diinvestasikan untuk masa depan.

Uang Mingguan

Uang Bulanan dapat dibagi menjadi Uang Mingguan. Ini mungkin terlihat normal. Tetapi seringkali masalah pengelolaan Uang Bulanan terjadi karena beberapa dari Anda tidak dapat mengontrol frekuensi bolak-balik ke ATM. Sekali lagi anggaran memainkan peran penting dalam mengelola keuangan keluarga. Tentukan berapa banyak yang Anda dan keluarga Anda butuhkan dalam seminggu. Ini juga termasuk pengeluaran di akhir pekan yang mungkin lebih besar karena Anda perlu rekreasi dengan keluarga Anda. Kemudian tentukan hari apa Anda akan pergi ke ATM untuk mengambil “jatah” mingguan ini.

Belanja Bulanan / Belanja Bahan Makanan

Salah satu item besar dalam Uang Bulanan adalah Belanja Bulanan atau Belanja Grosir. Jumlah biaya yang terjadi tentu bervariasi mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 3.000.000 per bulan. Efisiensi dalam mengimplementasikan Grocery Shopping akan sangat membantu Anda mengelola Uang Bulanan Anda.

Anda dapat membagi Grocery Shopping menjadi 2 jenis belanja. Yang pertama adalah Belanja Bulanan – khusus untuk bahan non-makanan. Yang kedua adalah Belanja Mingguan – khusus untuk bahan makanan. Tentu saja Anda sudah mengerti, setiap kali Anda berbelanja, Anda harus membawa daftar belanja sehingga tidak menyimpang dari rencana belanja yang direncanakan.

Memisahkan kedua jenis bahan makanan ini bisa sangat efektif. Silakan coba, karena biasanya barang bukan makanan tanpa direncanakan dibeli hanya karena pembelian impulsif. Inilah yang biasanya mengganggu anggaran Belanja Grocery kami.

Kartu kredit? Bermanfaat lho!
Sekarang saatnya menggunakan Kartu Kredit! Jangan bingung dulu. Jika Anda ingin menggunakan Kartu Kredit, persyaratan utama tetap sama: Anda harus melunasi tagihan sebelum jatuh tempo.

Anda dapat menggunakan setidaknya dua kartu kredit dengan cara yang bermanfaat! Kartu pertama didedikasikan khusus untuk semua jenis tagihan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, ponsel, tempat olahraga anggota, tv kabel hingga Grocery Shopping. Maka Anda tentu tahu berapa banyak tagihan yang akan datang dari kartu pertama ini.

Kartu kedua bisa menjadi kartu rah-hura. Ini adalah kartu yang kemudian menjadi alat pembayaran untuk pengeluaran gaya hidup. Jadi, Anda dapat membayar kartu kedua menggunakan akun belanja yang sudah disiapkan untuk bersenang-senang.

Metode di atas sangat praktis dan bukan hanya teori.
Ayo, segera perbaiki cara Anda mengelola Uang Bulanan.

Perencanaan Keuangan untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik!

Filed under: Uncategorized

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment *
Name *
Email *
Website