Smartphone, apakah perlu?

Suatu ketika ketika ponsel pertama dipopulerkan, banyak orang menganggap teknologi yang dibawa oleh ini sangat revolusioner. Komunikasi tidak lagi terikat oleh tempat dan waktu, orang dapat dihubungi di mana pun dan kapan pun. Namun sekarang dengan teknologi yang terus berjalan, kenyamanan tampaknya tidak mencukupi. Ponsel generasi terbaru jauh lebih ‘pintar’ yang dikenal sebagai smartphone.

Dan tentu saja, seperti semua teknologi baru, smartphone telah menjadi primadona di semua lapisan masyarakat, mulai dari pebisnis, ibu rumah tangga, hingga remaja. Tetapi apakah Anda harus memilikinya? Lebih baik untuk mempertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya, dan tidak hanya mengikuti tren.

Mari kita mulai dengan memahami apa yang dimaksud dengan smartphone. Singkatnya, ponsel pintar adalah ponsel yang memiliki fitur tambahan seperti tidak hanya dapat menelepon dan menerima pesan singkat, tetapi juga dapat menjelajahi internet, mengirim dan menerima email, mengedit dokumen, dan banyak lagi.

Dengan beragam fitur, tentunya smartphone memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

Fleksibilitas: dengan ponsel cerdas Anda, Anda dapat bekerja di mana saja dan kapan saja. Mulai dari membuat memo, mengedit dokumen, hingga menjadwalkan pertemuan dengan klien.
Kemudahan informasi: koneksi smartphone dengan banyak penyedia layanan memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi dengan segera. Mulai dari peta, info lalu lintas, cuplikan berita televisi, hingga pembaruan tentang pergerakan pasar saham, Anda bisa mendapatkannya secara instan.

Membantu Anda menjadi lebih teratur: smartphone dilengkapi dengan fitur organizer pribadi, buku harian elektronik, hingga pengingat otomatis yang akan mengingatkan Anda tentang semua jadwal dan janji yang direncanakan.

Komunikasi yang lebih cepat: smartphone memiliki koneksi internet yang lebih cepat, sehingga Anda dapat lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi dari internet. Beberapa model telepon pintar bahkan menawarkan akses internet yang selalu aktif setiap saat.
Kemampuan untuk menerima dan mengirim informasi dalam jumlah besar. Jika ponsel biasa hanya dapat menerima pesan pendek atau email tanpa lampiran, smartphone ini memungkinkan Anda untuk menerima dan mengirim data dalam jumlah besar.

Jika Anda memang pekerja dengan beban kerja dan jadwal ketat yang mengharuskan Anda untuk selalu siap dihubungi dan bekerja di mana saja, maka smartphone akan menjadi teman yang tepat. Karena smartphone akan membuat hidup Anda lebih mudah dengan semua fitur yang ditawarkannya. Membuat Anda dapat bekerja dan berkomunikasi kapan saja dan di mana saja.

Sebaliknya, jika aktivitas Anda tidak mengharuskan Anda terhubung ke Internet atau berkomunikasi sepanjang waktu, ponsel cerdas Anda kehilangan arti penting. Anda juga harus ingat, karakteristik smartphone yang bisa dihubungi kapan saja akan mengganggu ketenangan hidup Anda. Tentu saja, hampir setiap kali ponsel cerdas akan berdering untuk menunjukkan panggilan masuk, pesan singkat atau email. Ini juga seolah-olah “menuntut” untuk segera menanggapi semua bentuk komunikasi, sampai kedamaian hidup terganggu.

Hasil penelitian kognitif bahkan menunjukkan bahwa pesan yang masuk melalui perangkat komunikasi dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas. Dikatakan bahwa hanya sedetik setelah meninggalkan aktivitas karena pesan “gangguan” perangkat komunikasi dapat menyebabkan hilangnya 15 menit produktivitas dalam alur kerja.

Smartphone juga membuat batas antara kehidupan profesional dan kehidupan pribadi buram. Karena Anda dapat dihubungi kapan saja, bisnis dan pekerjaan kantor sering menyerbu waktu pribadi Anda. Bos atau rekan kerja Anda berpikir Anda dapat menghubungi mereka dan memberi mereka jawaban segera bila perlu, bahkan di malam hari atau di akhir pekan.

Berbagai fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh smartphone akan menjadi berlebihan jika Anda tidak membutuhkannya. Mengapa membayar mahal untuk fasilitas untuk mengirim dan membaca dokumen atau terhubung ke Internet 24 jam sehari jika Anda tidak membutuhkannya dalam kegiatan sehari-hari? Lebih baik membeli ponsel biasa yang jauh lebih murah.

Karena itu, sebelum memutuskan memilih smartphone sebagai perangkat komunikasi. Jika Anda benar-benar membutuhkannya, jangan ragu untuk segera memilikinya, tetapi jika tidak, lebih baik simpan uang Anda untuk hal-hal yang lebih penting!

Filed under: Financial

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment *
Name *
Email *
Website